RPP & MATERI AJAR PAK HIDUP BERSYUKUR SMP KELAS 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII/1 (Delapan)/(Satu)
Materi Pokok : Hidup bersyukur
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (3 X 40 menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3 |
3.1.1 Memahami arti sikap hidup beriman dan berpengharapan relasi dengan sesama.
3.3. Menjelaskan makna hidup bersyukur. |
1. Peserta didik dapat menjelaskan apa arti bersyukur 2. Peserta didik dapat menjelaskan mengapa perlu bersyukur kepada Tuhan 3. Peserta didik dapat menyebutkan cara bersyukur kepada Tuhan |
4 |
4.1.1. Menyajikan cara hidup beriman dan berpengharapan dalam bentuk nyata.
4.3. Mendemonstrasikan sikap hidup bersyukur sebagai orang beriman di lingkungan sekitar.
|
4. Peserta didik dapat mempraktikkan sikap bersyukur dalam kehidupan sehari-hari 5. Peserta didik dapat mengajak orang lain untuk bersyukur. |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:
· Menemukan makna hidup dalam segala situasi
· Menjelaskan arti hidup bersyukur
· Membedakan antara hidup bersyukur dan hidup tidak bersyukur
· Menjelaskan ajaran Paulus tentang hidup bersyukur
D. Materi Pembelajaran
· Wujud hidup bersyukur dalam segala situasi
· Pengertian hidup bersyukur
· Perbedaan antara hidup bersyukur dan hidup tidak bersyukur
· Firman Tuhan tentang hidup bersyukur
E. Sumber Belajar
1. Buku siswa: Pdt. Janse Belandina Non-Serrano dan Erich Von Marthin E. Hutahaean. 2013. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti – Allah Terus Berkarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (hal 36-43)
2. Buku referensi: Alkitab, Buku pujian
3. Syair lagu: Judul lagu “Syukur padaMu Ya Allah”
4. Lingkungan sekitar: kelas
F. Media Pembelajaran
1. Media : Syair lagu”Syukur PadaMu Ya Allah”
2. Alat dan Bahan: Cuplikan Film Daud, film kisah hidup keluarga yang sederhana
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit )
1. Berdoa dan bernyanyi bersama dipimpin oleh peserta didik
2. Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan tentang arti hidup bersyukur menurut pandangan peserta didik
3. Guru memperlihatkan gambar tokoh Alkitab Daud dan Rasul Paulus meminta peserta didik menceritakan kisah hidupnya menurut pengetahuan mereka.
2. Kegiatan inti (60 menit – bila pertemuan 2 jam pelajaran)
a. Mengamati
- Peserta didik bersama-sama dalam hati membaca Alkitab
1 Tesalonika 5: 12-22 (tentang Nasehat supaya tetap bersyukur)
b. Menanya
- Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang, dan saling bertanya tentang hidup bersyukur dalam segala situasi menurut pengalaman hidup mereka masing-masing
c. Mengumpulkan data
- Peserta didik menuliskan masing-masing pengalaman hidup bersyukur dalam segala situasi
- Peserta didik mengamati tokoh Alkitab kisah hidup Daud dan Paulus , lalu membandingkan dengan pengalaman hidup manusia sekarang ini dalam menghadapi tantangan dan kesulitan.
d. Mengasosiasi
- Peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan mengambil sikap hidup bersyukur dalam segala situasi untuk menghadapi segala tantangan di dunia ini.
- Peserta didik mendiskusikan arti bersyukur dari pengalaman hidup raja Daud dan ajaran Paulus
e. Mengomunikasi
- Peserta didik menemukan ajaran Paulus dan pengalaman hidup Daud tentang hidup bersyukur dalam segala situasi dan menyajikannya didepan kelas secara bergantian sesuai arahan Guru.
3. Penutup (10 menit)
a. Peserta didik menerima tugas Guru untuk mencari ayat-ayat di Filipi 4: 1-20 yang menunujkan hidup bersyukur.
b. Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
c. Berdoa bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan terimakasih kepada Allah.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
1. Judul : Hidup Bersyukur
2. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
3. Kelas/Semester : VIII/ 1
4. Waktu : 25 menit
5. Petunjuk Belajar:
a. Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b. Pelajari materi Agama yang berhubungan dengan Hidup berpengharapan
c. Kerjakan sesuai dengan langkah-langkah sesuai petunjuk Guru
d. Kerjakan dengan cara diskusi dengan teknik yang ditentukan Guru
e. Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan mengerjakan tugas
6. Tujuan belajar yang akan dicapai:
Dalam kegiatan ini siswa dapat:
1. Menemukan makna hidup dalam segala situasi
2. Menjelaskan arti hidup bersyukur
3. Membedakan antara hidup bersyukur dan hidup tidak bersyukur
4. Menjelaskan ajaran Paulus tentang hidup bersyukur
7. Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi dan Ayat Firman Tuhan sehubungan dengan hidup bersyukur.
8. Tugas dan Langkah Kerja
Bacalah Alkitab:
1. Filipi 4: 4-7
2. 1 Tesalonika 5: 18
3. Amsal 17: 22
4. Filipi 4: 4-7
Pertanyaan!
1. Sebutkan manfaat apa saja yang bisa kamu rasakan dengan membiasakan
untuk hidup bersyukur!
2. Tuliskan makna mengucap syukur menurut Alkitab
3. Sebutkan kerugian apa saja yang bisa kamu alami bila kamu terus
mengeluh dan mengomel!
4. Berdasarkan pengalaman pribadimu, bagaimana caranya supaya kita
dapat memiliki sikap hidup bersyukur?
5. Berdasarkan pengalamanmu, apa yang harus kita lakukan supaya kita
tidak menjadi orang yang suka mengeluh dan mengomel?
6.Tuliskanlah tentang doa ucapan atas pertolongan Tuhan dalam hidupmu
7. Tuliskanlah pengalaman hidupmu yang kamu alami dalam kesulitan sehingga bisa menjalani atau melewati.
8. Tuliskanlah bentuk-bentuk tindakan yang kamu lakukan sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan
5. Tuliskan hal yang kamu syukuri dan hal yang membuat kamu sulit untuk bersyukur dalam kolom di bawah ini
No
|
5 hal dalam hidupmu saat ini yang kamu syukuri |
5 hal yang sering membuatmu sulit untuk bersyukur |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Buatlah sebuah cerita pendek atau puisi atau gambar yang menunjukan hidup yang bersyukur. Ceritakanlah karya tersebut pada teman-teman di kelas.
Komentar
Posting Komentar